Sunday 24 January 2016

New Zealand Visa for Indonesia Citizen

This post special for my indonesia fellow reader...

Penerbangan murah Air Asia ke negara New Zealand sudah dibuka maret tahun ini. Bagi para fans Air Asia tentu sudah siap siap untuk nabung dan beli tiket. Just for your info untuk bulan maret 2016 ini penerbangan ke Auckland dari Jakarta ratenya sekitar 600 US$ PP. 

Kebetulan bulan Desember 2015 kemarin saya menghabiskan liburan 10 hari saya di negara New Zealand tepatnya saya mengunjungi New Zealand bagian utara / North Island.


Saya memilih penerbangan paling aman di dunia Qantas Airways. Ada beberapa penerbangan yang bisa dipilih untuk pergi ke New Zealand. Mulai dari Malaysia Airlines, Air New Zealand, dan baru baru ini ada Singapore Airlines dan juga Air Asia yang membuka rute barunya.

Kebetulan saya pergi tanggal 25 Desember 2015, dan tidak ada pesawat Qantas yang terbang langsung dari Jakarta. Mau tidak mau saya harus menggunakan conected flight ke Singapura dengan Jet Star. Total perjalanan sekitar 22 jam, karena saya harus transit di Singapore 5 jam, Singapore Sydney 7 jam, transit di Sydney selama 4 jam, dan penerbangan Sydney Wellington selama 4 jam.


Untuk orang Indonesia sendiri dibutuhkan visa untuk mengunjungi New Zealand. Untuk kepergian 25 Desember , saya sudah memasukkan aplikasi saya tanggal 4 November 2015. 

Dokumen apa saja yang harus ada di aplikasi ?

1. Paspor asli (saya juga menyertakan paspor paspor lama saya sebagai bukti kalau saya well traveler)
2. Foto copy kartu keluarga 
3. Foto copy akta kelahiran
4. Surat keterangan bekerja (dari HR manajer dilengkapi dengan stempel logo perusahaan)
5. Rekening koran selama 3 bulan (kebetulan saya menyertakan 2 rekening koran, satu rekening tabungan, satu rekening salary saya)
6. Pas foto ukuran paspor , 2 buah.
7. Formulir aplikasi visa turis 1189 (yang bisa didowload di website imigrasi new zealand)
8. Foto copy paspor 1 lembar.
9. Copy tiket pesawat PP 
10. Asuransi perjalanan 

11. Jika anda disponsori oleh warga negara New Zealand, anda harus menyertakan :

Formulir sponsorship dengan tanda tangan asli sponsor.
Bukti keuangan sponsor (sudah dilegalisir dengan pihak terkait)
Foto copy paspor sponsor 1 lembar
Surat keterangan yang menyatakan kesediaan sponsor untuk menanggung keuangan anda dan menjamin anda kembali ke Indonesia sesuai waktu yang ditentukan.
Pas foto ukuran paspor 2 buah.

Semua dokumen diserahkan ke pihak yang ditunjuk oleh kedutaan besar New Zealand 

VFS Global
NEW ZEALAND VISA APPLICATION CENTRE

Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19

Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18 

Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia 


Untuk menghindari antrian lebih baik datang sebelum jam 12 siang, karena setelah jam itu banyak travel travel agent yang datang dengan membawa segepok aplikasi.

Tidak butuh waktu lama hanya 10 menit aplikasi saya sudah dicek dan diterima oleh petugas VFS. Pastikan semua syarat dan dokumen lengkap ya, karena untuk masuk kedalam anda harus melewati beberapa security. 

Untuk biaya total 2.010.000 dan harus dibayar cash tidak menggunakan card :( karena alasan ini saya harus keluar , mengambil uang di atm membuat bapak security bete haha

Dibandingkan dengan negara Australia dan UK, tidak banyak orang Indonesia yang mengajukan aplikasi visa new zealand ini, atau mungkin kebanyakan dijalankan oleh travel agent bukan aplikasi secara pribadi.

Saya agak surprised ya, aplikasi saya masuk pukul 3 sore dan besoknya pukul 1 siang saya sudah ditelpon oleh pihak kedutaan menanyakan beberapa hal seperti berapa lama saya disana dll , setelah itu mereka mengatakan visa saya siap diambil.

Konfirmasi sendiri saya rasakan cukup update. Selain ditelepon oleh pihak kedutaan saya juga mendapatkan sms dan juga email notifikasi dari VFS.

Karena saya harus transit di Australia, saya juga mencoba menanyakan apakah saya butuh visa transit, ternyata jika saya tidak keluar dari bandara dan stay tidak lebih dari 8 jam maka saya tidak membutuhkan visa transit Australia. 

Saya hanya transit 4 jam dan saya tidak memiliki rencana untuk keluar dari bandara so saya memutuskan untuk tidak mengurus visa transit australia. Just for your info visa transit australia akan mudah didapatkan jika visa new zealand anda sudah diterima. Harganya sekitar 180.000 rupiah.

So if any of you have plan to apply new zealand visa, good luck ! 

2 comments:

  1. Jadi visa new zealand selesainga hanya 1 hari saja ya? Tidak ada wawancara langsung dan hanya via tlp?

    ReplyDelete